/>

Kearifan Gunung Ciremai Sang Atap Jawa Barat

            Gunung ciremai merupakan salah satu gunung api aktif yang terdapat di provinsi jawa barat, lokasi gunung ciremai sendiri terdapat diantara dua kabupaten yaitu kabupaten kuningan dan kabupaten majalengka. Gunung ciremai memiliki ketinggian 3078 mdpl (meter diatas permukaan laut) yang membuat gunung ciremai sebagai gunung tertinggi di jawa barat.

            Dalam hal ketinggian gunung ciremai memang masih kalah dengan beberapa gunung di pulau jawa tapi untuk keindahannya gunung ciremai tidak bisa dipandang sebelah mata, keragaman flora dan fauna disana membuat gunung ciremai masuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Gunung ciremai tetap masih jadi primadona bagi para pendaki di Indonesia apalagi untuk masyarakat sekitar pos pendakian hal tersebut dijadikan lahan untuk meraup rupiah dari mulai menjual merchandise, menyewakan peralatan gunung dan lain sebagainya.

            Tingginya antusias dari para pendaki membuat Gunung ciremai semakin popular, banyak wisatawan lokal maupun asing dating kesana untuk menikmati alam dan vegetasi yang ada disana, untuk akses kesana pun tidak terlalu sulit dan akses menuju puncak gunung ciremaipun ada beberapa pos, ada jalur pendakian Apuy, Linggarjati dan Palutungan akan tetapi untuk jalur pendakian linggarjati harus lebih berhati-hati pasalnya jalur linggarjati masih terkenal dengan kisah mistisnya dan banyak pendaki yang disesatkan dijalur sana.

            Ada beberapa pantangan yang harus diperhatikan pada saat melakukan pendakian gunung ciremai, hal pertama dilarang untuk mengeluh, konon gunung ciremai bisa mendengan apa yang dikeluhkan oleh para pendaki dan hal tersebut yang membuat sepanjang perjalanan akan banyak kendala selama pendakian.

            Kedua dilarang buang air kecil dan buang air besar sembarangan, dulu sekitar tahun 2013 masih banyak ditemukan botol minum yang berisikan urine yang tidak enak dipandang, ratusan atau bahkan ribuan botol minum urine disana akan ditemukan sepanjang perjalanan

            Ketiga wajib mengucapkan salam setiap bertemu dengan pos istirahat selama pendakian hal tersebut untuk menghormati dan memberi salam untuk penghuni tetap gunung ciremai.

            Sulit untuk diartikan secara logika tapi setiap orang wajib menghormati adat atau kearifan lokal setiap wilayah dengan begitu pendatang dan warga lokalpun akan merasa nyaman dan bisa saling menghormati satu sama lain. Gunung ciremai memang punya ceritanya sendiri begitupun gunung-gunung yang lain, Tertinggi jawa barat ? siapkah berdiri di atap jawa barat ? mari menjadi orang yang paling tertinggi di jawa barat.

0 comments:

Post a Comment

Kritik dan Saran langsung Di Comment